SDLC
System Development Life Cycle (SDLC) atau yang dikenal dengan Sistem Daur Hidup merupakansuatu bentuk yang digunakan untuk menggambarkan tahapan utama dan langkah-langkah didalam tahapan te
rsebut dalam proses pengembangan sistemnya.
Metode daur hidup terdiri dari dua tahap yaitu untuk front end (bagian konsep) terdapat tahapanproses perencanaan, analisis, rancangan sistem general, evaluasi dan seleksi sedangkan ditahap back end (bagian fuingsional) terdapat tahapan proses rancangan sistem terinci,implementasi dan pemeliharaan. Di setiap tahapan proses daur hidup dilakukan prosespendokumentasian untuk laporan atas segala yang telah dilakukan atau disepakati dalam setiaptahap tersebut. Tahapan-tahapan seperti ini sebenarnya merupakan tahapan di dalampengembangan system teknik (engineering systems). Contoh dari pengembangan engineering systems ini salah satunya adalah pengembangan konstruksi atau bangunan dari suatu gedung.
SDLC berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan langkah-langkah dari setiaptahapan yang secara garis besar terbagi dalam tiga kegiatan utama, yaitu :
a. Analysis
b. Design
c. Implementation
Setiap kegiatan dalam SDLC dapat dijelaskan melalui tujuan (purpose) dan hasil kegiatannya.
Dalam tugas softskill untuk mata kuliah implementasi sistem informasi kali ini saya cobamengulas tentang sistem pengolahan data penjualan yang ada di salah satu toko pencuci cetakphoto yang ada di bekasi.
Tahap Analysis
Dalam tahap ini saya menganalisis sistem pengolahan data penjualan pada toko ini, Apakahsudah sesuai prosedur, apakah sudah melayani kebutuhan sebuah toko , atau apakah ada system yang rusak atau error pada sistem pengolahan data penjualannya. Namun ketika melihat padakenyataan, eror yang terjadi di karenakan kelalaian pegawai ditoko itu sendiri ketika menginput data . maka dari itu di butuhkan software yang lebih mudah penggunaannya namun mencakup semuahal yang di butuhkan untuk mengolah data penjualan pada toko tersebut
Tahap Design
Dalam tahap perancangan (desgin) memiliki tujuan, yaitu untuk mendesain sistem penggajianyang baru yang tidak terdapat pada sistem yang lama. Memberikan bentuk laporan sistem dandokumennya baik input maupun output.
Tahap Implementation
Dalam tahap implementasi memilikibeberapa tujuan, yaitu untuk :
a. Melakukan kegiatan spesifikasirancangan logikal ke dalam kegiatanyang
sebenarnya dari sistem informasi yang akan dibangunnya atau dikembangkannya.
b. Mengimplementasikan sistem yang baru.
c. Menjamin bahwa sistem yang baru dapat berjalan secara optimal.
Menggunakan programming fina(finance accounting) untuk mempermudah pengolahan datapenjualan dan membuat laporan yang akan di kirim kepada kantor pusat setiap harinya dan hal iniberhibungan langsung dengan sistem penggajian karyawan pada tiap minngunya. Kemudianmenggunakan spesifikasi computer yang mendukung untuk sistem Pengolahan data penjualan ,Untuk spesifikasinya sendiri sistem pengolahan data penjualan tersebut menggunakan Pentium 4dengan ram 1Gb dan hardisk 80GB. untuk menjaga kerahasiaan data dan admin tersebut sudahdibekali dengan skill untuk menjadi admin system tersebut. Untuk database berisi semua datatentang penjualan yang ada di toko tersebut .
sumber : http://arizkiarea.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar